contribution to society, legacy for the future - Universitas Ma Chung | Building A Brighter Tomorrow
Contribution to Society, Legacy for the Future
5 Jul 2017

Satu dasawarsa telah terlewati sejak Universitas Ma Chung diresmikan 7 Juli 2007 yang lalu. Sejak itu, Universitas Ma Chung telah menorehkan jejak berbagai prestasi dan kontribusi dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Tahun 2017 ini, Universitas Ma Chung memperingati 10 tahun berkarya untuk bangsa (Lustrum II) dengan mengadakan rangkaian acara: Dies Natalis, Ma Chung Juniors’ Day, Ground Breaking Gedung Pascasarjana, Wisuda VII, Ma Chung Grand Reunion, dan Seminar Pendidikan pada 7-9 Juli 2017 mendatang.

1. Dies Natalis X
Perayaan hari jadi Universitas Ma Chung ke-10 akan ditandai dengan pemotongan tumpeng dan makan siang bersama. Dies Natalis X semakin istimewa dengan hadirnya Prof. Dr. –Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA yang akan memberikan seminar singkat mengenai “Kontribusi Pendidikan Tinggi Terhadap Pembangunan Bangsa”. Diadakan pada 7 Juli 2017, Putra sulung mantan presiden Indonesia ini diharapkan dapat menyuntikkan motivasi dan dorongan bagi para dosen, staf, dan lulusan Universitas Ma Chung untuk berkarya bagi Bangsa Indonesia. Acara ini rencananya juga akan dihadiri oleh Walikota Malang H. Mochamad Anton.

Prof. Dr. –Ing Ilham Akbar Habibie merupakan pendiri dan direktur dari Berkarya! Indonesia – sebuah gerakan nasional yang memiliki tujuan untuk membudayakan teknologi. Berkarya! Indonesia diharapkan bisa menjadi ekosistem bagi orang-orang yang terinspirasi oleh Presiden Ketiga RI – Bp. Bacharuddin Jusuf Habibie – ayah beliau – dalam memajukan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Berkarya! Indonesia juga diharapkan dapat menampung dan mendorong ide dan karya anak bangsa serta menemukan solusi berkesinambungan atas persoalan Iptek nasional. Fokus dari gerakan ini adalah mengubah pola pikir bangsa dari menjadi konsumen semata menjadi produsen dari apa yang dibutuhkan dalam kehidupannya, terutama yang terkait dengan teknologi. “Kunci utama untuk mengubah nasib bangsa ke depan adalah berubah menjadi bangsa produsen,” demikian ungkap beliau. Berkarya! Indonesia juga bertujuan untuk meningkatkan konten lokal, melalui pendidikan, penelitian, dan Pengembangan.

Dalam Dies Natalis X, akan disampaikan pula penghargaan bagi para staf dan dosen yang sudah 10 tahun mengabdi pada pendidikan Indonesia lewat Universitas Ma Chung, sebagai apresiasi atas loyalitas mereka. Juga akan disampaikan pula penghargaan purna bakti bagi dosen dan staf.

2. Ma Chung Juniors’ Day
Merupakan acara temu alumni Universitas Ma Chung, yang merupakan ajang berbagi pemikiran antar alumni Universitas Ma Chung. Dikemas dalam acara bincang santai, para alumni akan berbagi pengalaman yang diharapkan bisa memberi gambaran dan menyiapkan para lulusan 2017 untuk memasuki dunia kerja dan dunia bisnis.

Kegiatan ini dilatarbelakangi pula untuk mensosialisasikan ikatan alumni beserta perannya pada para wisudawan dan sivitas akademika secara umum. Dalam kegiatan yang diadakan pada 7 Juli 2017 ini, Ma Chung Juniors’ Day akan mendatangkan 3 orang pembicara untuk berbagi pengalaman: Bp. Aakar Abyasa Fidzuno (Founder dan Financial Consultant Janus ID), Ibu Ocella Amami (lulusan Universitas Ma Chung tahun 2011, pemilik usaha Tomoo dan Racel Risol), serta Irwan Fahmy (lulusan Universitas Ma Chung, pemilik startup company pulsk.com)

3. Ma Chung Time Tunnel
Rangkaian foto kenangan mulai dari tahun 1946 hingga 2017 ditata apik dalam sebuah pameran. Pengunjung akan dibawa memasuki sebuah lorong waktu berisi foto-foto yang menceritakan perjalanan Ma Chung, mulai dari pendirian Sekolah Menengah Tionghua Malang, para pendiri dan alumni, sampai pada pendirian Universitas Ma Chung, gedung-gedungnya, perkembangan dan prestasi yang diraih. Pameran foto ini akan dibuka pada 7 dan 8 Juli 2017.

4. Ground Breaking Gedung Pascasarjana
Untuk membuktikan komitmen Universitas Ma Chung dalam berkontribusi terhadap pendidikan di Indonesia, maka para pendiri mewujudkan rencana pembangunan gedung Pasca Sarjana Universitas Ma Chung melalui kegiatan Ground Breaking. Diadakan pada Sabtu, 8 Juli 2017, pemancangan tiang pertama ini akan dilakukan oleh para pendiri Universitas Ma Chung diantaranya Soegeng Hendarto (Jangkar Pasific), Mochtar Riady (Lippo Group), Teguh Kinarto (PJM), Murdaya Poo (Berca), dan para pendiri lainnya. Akan hadir pula perwakilan dari Konsulat Jendral Tiongkok, serta rencananya akan dihadiri oleh Bupati Malang Dr. H. Rendra Kresna, BcKU, S.H., M.M., MPM.

Gedung Pasca Sarjana rencananya dibangun setinggi 4 lantai untuk mengakomodasi kebutuhan sarana perkuliahan, dirancang oleh salah satu pendiri Universitas Ma Chung yaitu Dr. Joshie K. Halim.

5. Wisuda VII
Universitas Ma Chung akan melepaskan 242 orang wisudawan dari 3 fakultas yang ada pada 8 Juli 2017. Kali ini dari 242 orang wisudawan, lebih dari 50% sudah diterima bekerja dan membuka usaha sendiri bahkan 3.76 bulan sebelum wisuda (rata-rata), lebih dari 10 % melanjutkan studi baik di dalam maupun luar negeri, dan sekitar 40% sedang dalam tahap rekruitment.

Dari rekam jejak angkatan-angkatan sebelumnya, telah dibuktikan bahwa lulusan Universitas Ma Chung terserap sepenuhnya di dunia kerja, bisnis, dan ada pula yang melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. “Saya memiliki beberapa partner bisnis yang menerima lulusan Universitas Ma Chung dalam perusahaan mereka, dan mereka sangat puas dengan kinerja anak-anak Ma Chung,” dikatakan oleh Bp. Soegeng Hendarto – salah satu pendiri Universitas Ma Chung yang juga merupakan pebisnis sukses di bidang perkapalan internasional. “Lulusan kita ini diminati oleh banyak perusahaan besar,” tambah beliau. Dalam kesempatan terpisah, beberapa perusahaan yang menggunakan lulusan Universitas Ma Chung, sebagian besar memberikan kesan positif terhadap kinerja para lulusan Universitas Ma Chung. “Lulusan Universitas Ma Chung cepat mengembangkan diri terhadap materi keahlian dan materi pelatihan,” demikian ungkap PT. Jangkar Pasifik. “Semangat belajar dan kerja sama tim yang tinggi, serta memiliki potensi kepemimpinan dan kreatif,” tulis Indomaret Group. “Semangat kerja baik, dapat berkoordinasi dan bekerja sama, memiliki kecerdasan yang baik untuk menunjang pekerjaan,” ungkap PT. Wings Surya.

Selain diminati oleh berbagai perusahaan, lulusan Ma Chung pun dikenal memiliki insting bisnis serta prestasi akademik yang mumpuni. Tahun ini, Universitas Ma Chung meluluskan beberapa wirausahawan, salah satunya adalah Devan Christian – yang sudah memiliki bisnis kopi, dimana yang bersangkutan sudah menyuplai kopi ke Jakarta, Surabaya, dan Malang, serta dalam waktu dekat akan melebarkan jalur distribusi ke Tiongkok. Devan yang memulai usahanya dari nol, bahkan tanpa bantuan dari orang tua, memasuki bulan ke-sembilan ini memiliki omset puluhan juta rupiah per bulannya. “Sejak awal saya sudah tidak bergantung kepada orang tua untuk kebutuhan sehari-hari; dulu bekerja, namun sekarang keenakan bisnis,” demikian ungkapnya.

Tahun ini pula, ada 12 lulusan yang memperoleh beasiswa ke Tiongkok; dua orang memperoleh beasiswa S2, dan 10 orang lainnya memperoleh beasiswa belajar Bahasa Tionghua selama 1 semester. Kedua belas lulusan ini diterima di berbagai perguruan tinggi terbaik di Tiongkok seperti Xiamen University, Suzhou University, dan Hangzhou University.

Dalam visinya, Universitas Ma Chung ingin mendorong para mahasiswa dan lulusan untuk berkontribusi nyata sebagai insan akademik yang berdaya cipta. Taburan karya nyata dari para mahasiswa ini merupakan wujud nyata komitmen Universitas Ma Chung untuk memberikan pendidikan terbaik kepada para mahasiswa yang sudah mempercayakan perjalanan menuju masa depannya kepada Universitas Ma Chung.

6. Ma Chung Grand Reunion
Tahun 2017 merupakan tahun yang istimewa karena tahun ini juga bertepatan dengan 70 tahun reuni akbar alumni Sekolah Menengah Ma Chung. Maka, di tahun ini, lebih dari 2600 orang alumni Sekolah Menengah Ma Chung datang dari seluruh penjuru dunia untuk berkumpul dan bergabung bersama alumni Universitas Ma Chung. “Momen ini sangat pas; kami ini sudah berusia senja, belum tentu 5 tahun lagi masih bisa reunian lagi,” ujar Bp. Wongso Soenarko, salah satu anggota yayasan Ma Chung yang sudah berusia lebih dari 80 tahun. “Maka, kami para alumni datang ke Ma Chung dari seluruh dunia,” sambung beliau.

Momen istinewa ini juga dipakai untuk mengakrabkan jalinan persaudaraan antar alumni Ma Chung. “Spirit alumni Ma Chung ada 3: SPIRIT MA CHUNG: Gotong royong, bersatu padu demi terus mengabdi pada masyarakat; Ingat balas budi: waktu minum air jangan lupa sumbernya, berbaktilah pada kampung halaman; Antusias berjuang untuk kemajuan, mengejar ilmu terbaru, dan cakap menghadapi tantangan dan perubahan dunia,” ujar beliau lagi. “Spirit ini ditangkap dalam logo sekolah Ma Chung yaitu Roda: sejarah terus berputar tanpa dapat dibendung, Obor: untuk berdiri tegak di antara bangsa-bangsa di dunia, harus berjuang keras berdiri di barisan paling depan; Rantai: untuk menjadi bangsa yang kuat, harus selalu bergandengan tangan dan rukun bersatu; Tiga Bintang: tiga tuntutan dasar bagi bangsa yang berkembang yaitu moral, kecerdasan, dan jasmani – spirit inilah yang harus kami tularkan kepada para alumni Universitas Ma Chung!” pungkas beliau.

Diselenggarakan pada 8 Juli 2017, Reuni Akbar ini juga akan menampilkan pameran foto lawas yang ditata dalam Ma Chung Time Tunnel. Pengunjung dapat menikmati nuansa sejarah dalam pameran foto ini.

7. Seminar Pendidikan
Diadakan pada tanggal 9 Juli 2017, Seminar Pendidikan ini akan mengupas tentang “Menelusuri Arah Perjalanan Budaya Pendidikan yang Didirikan oleh Warga Ketrurunan Tionghoa Indonesia di Kota Malang”, dan akan menghadirkan pembicara-pembicara yang sangat handal yaitu:
a. Dr. Mochtar Riady (pendiri Universitas Ma Chung – Lippo Group)
b. Dr. Yang Zhiling (Beijing – penasihat akademik Universitas Ma Chung)
c. Dr. Shi Xueqin (Xiamen University)
d. Mr. Wu Yinshao (Mantan Rektor Beijing Yanjing Huaqiao University)
e. Mr. Du Jiezhang (Alumni senior Sekolah Menengah Ma Chung)

Seminar ini akan diselenggarakan dalam Bahasa Tionghua (disediakan penerjemah), dan akan dipandu oleh para dosen Bahasa Tionghoa dari Universitas Ma Chung.

Sekian banyak torehan prestasi dan berbagai hal yang membanggakan ini akan menjadi bekal bagi Universitas Ma Chung untuk melangkah maju ke masa depan, mengejar misi menjadi universitas yang unggul dan mandiri demi memuliakan Tuhan melalui akhlak, pengetahuan, dan kontribusi nyata sebagai insan akademik yang berdaya cipta, meninggalkan jejak sebagai warisan untuk generasi pemimpin masa depan.

Malang, Juli 2017

Humas & Protokoler
Kantor Sekretariat Pimpinan






NEWS
KAMPANYEKAN TOLERANSI, MA CHUNG GELAR OBOR
26 JUL 2017

Universitas Ma Chung kembali menggelar OBOR 2 (Orientation Based on Reflections). Menempatkan mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan sehari-hari komunitas berbeda keyakinan (live-in), OBOR 2 diadak...

CONTRIBUTION TO SOCIETY, LEGACY FOR THE FUTURE
29 MAY 2017

Sudah 10 tahun Universitas Ma Chung hadir di Indonesia, memberikan kontribusi kepada perkembangan kehidupan Indonesia dengan mencetak pemimpin-pemimpin dalam dunia bisnis dan profesional. 7-8 Juli...

PENGUMUMAN BEASISWA PENDIDIKAN PERIODE 2
2 MAY 2017

Selamat menjadi bagian dari Universitas Ma Chung!

Kami mengucapkan selamat kepada para peraih Beasiswa Universitas Ma Chung periode 2:
1. Atika Sugi Nurmalitasari (SMAN 1 Jem...

KOMPETISI DESAIN DAN LOGO 10 TAHUN UNIVERSITAS MA CHUNG
31 MAR 2017

Sesuai dengan penilaian yang dilakukan oleh empat Juri yaitu:
1. Dr. Joshie K. Halim, M.Arch
2. Megumi Halim, S.T., B.A
3. Sultan Arief Rahmadianto, M.Ds
4. Ronny Andre...