kampanyekan toleransi, ma chung gelar obor - Universitas Ma Chung | Building A Brighter Tomorrow
Kampanyekan Toleransi, Ma Chung Gelar OBOR
26 Jul 2017

Universitas Ma Chung kembali menggelar OBOR 2 (Orientation Based on Reflections). Menempatkan mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan sehari-hari komunitas berbeda keyakinan (live-in), OBOR 2 diadakan pada 24-26 Juli 2017. Kegiatan OBOR ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Universitas Ma Chung, khususnya Biro Kemahasiswaan, Pendidikan Karakter dan Kepemimpinan.

“OBOR 2 dilaksanakan dengan tujuan utama yaitu membentuk karakter mahasiswa Universitas Ma Chung untuk menjadi Insan yang berdaya cipta di masyarakat sesuai dengan Visi dan Misi Universitas Ma Chung dengan menghidupi karakter toleransi antar umat beragama,” cerita Felik Sad Windu, Ketua Panitia OBOR 2 yang juga menjabat sebagai Kepala SubBagian Pendidikan Karakter. “Toleransi antar umat beragama menjadi sebuah keniscayaan bagi bangsa Indonesia; Toleransi antar umat beragama menjadi sebuah ‘takdir’ yang harus dipahami dan dihidupi, terlebih bagi bangsa Indonesia saat ini dimana radikalisme telah mengancam kehidupan toleransi dan keberagaman,” ujarnya ketika ditanya latar belakang kegiatan ini.

Dalam OBOR 2 tahun 2017 ini, sebanyak 53 peserta dan 18 panitia akan ditempatkan di beberapa tempat pelaksanaan sebagai berikut:
1. Pondok Pesantren Darush Sholihin Kota Batu (peserta menginap di Pondok Pesantren Santri – Komunitas Muslim), menerima 11 peserta
2. Institut Injili Indonesia Batu (Komunitas Kristen Protestan - peserta menginap di seminari), menerima 7 peserta
3. Biara Novisiat SVD Batu (Komunitas Katolik – peserta menginap di biara), menerima 12 peserta
4. Kelenteng Kwan Im Tong (Komunitas Konghucu – peserta menginap di Kelenteng), menerima 11 peserta
5. Pura Luhur Giri Arjuna (komunitas Hindu – peserta menginap di rumah penduduk di Coban Talun), menerima 11 peserta
6. Vihara Dhammadipa Arama (komunitas Budha – peserta menginap di Vihara), menerima 11 peserta
7. Biara Kesusteran SSPS (komunitas Katolik – peserta menginap di Biara), menerima 5 peserta.

“Skema pelaksanaan OBOR 2 dimulai dari pengenalan peserta dengan komunitas lintas iman. Peserta dibagi dalam enam kelompok, dan masing-masing kelompok akan tinggal di komunitas yang berbeda dengan imannya,” jelas Felik lebih lanjut. Saat berada di komunitas yang berbeda imannya, peserta diharapkan mampu menggali pengalaman baru bagaimana hidup bersama komunitas yang berbeda iman. Peserta diharapkan juga mampu memahami bagaimana hidup komunitas yang berbeda imannya, dengan demikian harapannya toleransi mampu mereka hidupi.

“Di akhir kegiatan, mahasiswa/i akan belajar untuk membuat kegiatan atau catatan refleksi diri yang berisikan tentang hal atau ilmu yang di dapatkan selama kegiatan berlangsung serta bagaiamana hasil yang mereka dapatkan selama turun di area sosial kemasyarakatan,” demikian pungkas beliau.

Kegiatan OBOR 2 adalah salah satu dari 4 empat rangkaian kegiatan OBOR di Universitas Ma Chung yang bertujuan untuk mengimplementasikan Visi dan Misi Universitas Ma Chung dalam pengembangan pendidikan karakter. Pendidikan karakter dan kepemimpinan menjadi ciri khas bagi sistem pendidikan di universitas Ma Chung. OBOR 2 ini merupakan kegiatan Live In lintas iman, bertujuan untuk mendidik mahasiswa agar mampu memahami dan menghidupi karakter toleransi antar umat beragama dalam kehidupan sehari-hari.





NEWS
KAMPANYEKAN TOLERANSI, MA CHUNG GELAR OBOR
26 JUL 2017

Universitas Ma Chung kembali menggelar OBOR 2 (Orientation Based on Reflections). Menempatkan mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan sehari-hari komunitas berbeda keyakinan (live-in), OBOR 2 diadak...

CONTRIBUTION TO SOCIETY, LEGACY FOR THE FUTURE
29 MAY 2017

Sudah 10 tahun Universitas Ma Chung hadir di Indonesia, memberikan kontribusi kepada perkembangan kehidupan Indonesia dengan mencetak pemimpin-pemimpin dalam dunia bisnis dan profesional. 7-8 Juli...

PENGUMUMAN BEASISWA PENDIDIKAN PERIODE 2
2 MAY 2017

Selamat menjadi bagian dari Universitas Ma Chung!

Kami mengucapkan selamat kepada para peraih Beasiswa Universitas Ma Chung periode 2:
1. Atika Sugi Nurmalitasari (SMAN 1 Jem...

KOMPETISI DESAIN DAN LOGO 10 TAHUN UNIVERSITAS MA CHUNG
31 MAR 2017

Sesuai dengan penilaian yang dilakukan oleh empat Juri yaitu:
1. Dr. Joshie K. Halim, M.Arch
2. Megumi Halim, S.T., B.A
3. Sultan Arief Rahmadianto, M.Ds
4. Ronny Andre...