Universitas Ma Chung | Building A Brighter Tomorrow
ABOUT US


PENASIHAT AKADEMIK DAN PROFESOR TAMU






Prof. Dr. Hugo Scheer
Prof. Scheer dikenal sebagai bapak klorofil dunia melalui bukunya Chlorophyll (CRC Press) yang telah menjadi buku acuan penelitian klorofil baik penelitian dasar maupun aplikasi dalam pangan fungsional, kesehatan dan energi. Seusai emiritusnya, Prof. Scheer menjadi Honorary Professor di Nanjing University, China dan visiting professor di University of California, Berkeley, USA. Selain menjadi academic advisor Universitas Ma Chung, sejak 2010 belau menjadi adjunct professor dan memberikan kuliah serta pendampingan konsultasi langsung kepada mahasiswa di Universitas Ma Chung dalam melakukan riset tingkat internasional.
Prof. Richard J. Cogdell, Ph.D, FRS
Prof. Cogdell adalah Fellow of Royal Society, London serta direktur dari Glasgow Biomedical Research Centre, College of Medical, Veterinary and Life Sciences, University of Glasgow , Inggris Raya. Beliau adalah penemu struktur antena protein membran penangkap cahaya dari bakteri fotosintesis. Beliau terlibat sebagai salah satu koordinator proyek riset Human Frontier of Science serta steering committee di European Science Foundation yang berperan aktif dalam menentukan kebijakan Uni Eropa untuk program riset energi terbarukan khususnya yang berbasis energi surya.
Prof. Dr. Yuzo Shioi
Prof. Shioi adalah ahli dalam dalam kimia analitik khususnya High Performance Liquid Chromatography (HPLC) pigmen, protein dan senyawa dari tumbuhan tingkat tinggi. Beliau telah menerbitkan lebih dari 300 jurnal publikasi internasional Seusai emiritusnya (2013) dari Shizuoka University di Jepang, beliau menjadi pengajar penuh di Universitas Ma Chung dan peneliti utama di Ma Chung Research Center for Photosynthetic Pigments (MRCPP).

DOSEN-DOSEN PENGAJAR








Leenawaty Limantara, M.Sc., Ph.D
Dr. Limantara adalah duta besar sain dari Alexander von Humboldt Foundation (AvH) untuk Indonesia. Beliau merupakan pemenang dosen berprestasi tingkat nasional tahun 2004, pendiri dari Himpunan Peneliti Pigmen Indonesia (HP2I), serta inisiator konsorsium bio-pigmen Indonesia. Beliau meneliti stabilitas dan pola degradasi pigmen serta pengembangan pigmen fotosintesis dalam inovasi produk pangan fungsional dan produk kesehatan untuk skala industri komersial.
Lihat Profil Link:
1. MRCPP
2. Google Scholar
Tatas H.P. Brotosudarmo, Dipl.Chem., Ph.D
Dr. Brotosudarmo terdaftar sebagai urutan ke-74 dari Top 750 Peneliti Indonesia edisi ketiga bulan Mei 2015 berdasarkan webometrics. Dr. Brotosudarmo adalah inovator Solar Sel Biohybrid (MRS Bulletin 2008, vol.33, no.4, p.225), peneliti terafiliasi Photosynthetic Antenna Research Center, Washington University in St. Louis, USA, pemenang dosen berprestasi tingkat Kopertis 7 Jawa Timur, dan wakil Indonesia dalam Lindau Nobel Laureate Meeting 2013. Riset Dr. Brotosudarmo berkaitan dengan struktur dan fungsi pigmen serta aplikasinya di industri dan energi baru terbarukan.
Lihat Profil Link:
1. MRCPP
2. Google Scholar
Dr. Yuyun Yuniari, ST., MT
Menyusul
Hari Kristopo, MS
Hari Kristopo mendapatkan gelar S1-nya di Prodi Kimia, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Kristen Satya Wacana dengan bidang minat kimia pangan. Semenjak itu beberapa penelitian berbasis aktivitas antioksidan dengan memodifikasi berbagai metode telah dilakukan untuk mendapatkan metode yang aplikatif dan mudah digunakan. Gelar Masternya didapatkan di Kosin University, Korea Selatan. Berbasis pengetahuan dasarnya tentang sintesis, maka salah satu topik penelitian thesisnya adalah tentang sintesis senyawa yang potensial sebagai semi-konduktor. Saat ini beliau sedang melakukan penelitian di bidang nutrisi, aktivitas antioksidan dan teknologi bahan pangan berbasis pigmen.
Heriyanto, M.Si., M.Sc.
Dr. (cand) Heriyanto adalah salah satu peneliti Ma Chung Research Center for Photosynthetic Pigments (MRCPP) yang telah memiliki lebih dari 20 publikasi di jurnal nasional terakreditasi maupun konferensi internasional. Beliau memperoleh gelar M.Sc di bidang kimia fisika khususnya Fourier transform near infrared spectroscopy (FT-IR) dari Kwansei Gakuin University, Jepang dan melakukan studi doktor di bidang biokimia dan biofisika antena penangkap cahaya. Beliau berperan aktif dalam studi fotostabilitas pigmen serta mengembangkan mengembangkan metode two dimensional correlation spectroscopy (2D-COS) untuk mendeteksi proses fotodinamika yang terjadi pada pigmen.
Renny Indrawati, M.Si., M.Nat.Sc
Renny Indrawati adalah peneliti di Ma Chung Research Center for Photosynthetic Pigments. Setelah menyelesaikan pendidikan S1 di Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Universitas Brawijaya pada tahun 2008. Berbekal ketertarikan di bidang pigmen alami, beliau memperdalam displin ilmu Biologi di Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, dan memperoleh gelar S2 di bidang Kimia Analitik-Inorganik di Kwansei Gakuin University, Jepang. Sejak masa kuliah, beliau telah terlibat dalam berbagai aktifitas ilmiah seperti program kreativitas mahasiswa ilmiah (PKMI), pengabdian kepada masyarakat (PKMM), dan hingga kini telah turut serta dalam berbagai hibah proyek penelitian skala nasional seperti Hibah Kompetensi, Penelitian Strategis Nasional, serta Riset Sistem Inovasi Nasional. Minat utama penelitiannya adalah pengembangan pangan fungsional dan nutraceuticals.
Monika N.U. Prihastyanti, M.Si., M.Nat.Sc.
Monika Prihastyanti memperoleh gelar master di bidang kimia fisika di Kwansei Gakuin University, Japan yaitu dibidang transfer elektron dan dinamika multi eksiton pada methyl viologen – kuantum dot CdTe. Pada tahun 2011, menjadi peneliti di Ma Chung Research Center for Photosynthetic Pigments dan bekerja dengan penelitian Hibah Kerjasama dan Publikasi Internasional Dikti dan Riset Sistem Inovasi Nasional Ristek seputar stabilitas, karakterisasi dan aplikasi antena penangkap cahaya dalam penyusunan panel surya bio-hybrid.
Anitarahmi, ST.,MT.
Menyusul


PARTNER PRODI


NEWS
KAMPANYEKAN TOLERANSI, MA CHUNG GELAR OBOR
26 JUL 2017

Universitas Ma Chung kembali menggelar OBOR 2 (Orientation Based on Reflections). Menempatkan mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan sehari-hari komunitas berbeda keyakinan (live-in), OBOR 2 diadak...

CONTRIBUTION TO SOCIETY, LEGACY FOR THE FUTURE
29 MAY 2017

Sudah 10 tahun Universitas Ma Chung hadir di Indonesia, memberikan kontribusi kepada perkembangan kehidupan Indonesia dengan mencetak pemimpin-pemimpin dalam dunia bisnis dan profesional. 7-8 Juli...

PENGUMUMAN BEASISWA PENDIDIKAN PERIODE 2
2 MAY 2017

Selamat menjadi bagian dari Universitas Ma Chung!

Kami mengucapkan selamat kepada para peraih Beasiswa Universitas Ma Chung periode 2:
1. Atika Sugi Nurmalitasari (SMAN 1 Jem...

KOMPETISI DESAIN DAN LOGO 10 TAHUN UNIVERSITAS MA CHUNG
31 MAR 2017

Sesuai dengan penilaian yang dilakukan oleh empat Juri yaitu:
1. Dr. Joshie K. Halim, M.Arch
2. Megumi Halim, S.T., B.A
3. Sultan Arief Rahmadianto, M.Ds
4. Ronny Andre...