Universitas Ma Chung | Building A Brighter Tomorrow
KEUNIKAN DAN KURIKULUM

MENGAPA PANGAN FUNGSIONAL

“Let food be thy medicine and medicine be thy food” (Hippocrates, 460-370 BC)

Pada tahun 1990 masyarakat yang telah sadar kesehatan, perkembangan iptek dan market komersial berintegrasi membentuk “pangan fungsional”. Pangan fungsional merupakan produk pangan yang tidak hanya sebagai bahan pangan bergisi, namun juga mengandung komponen yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan serta mereduksi bahaya dari penyakit kronis.

Pangan fungsional menjadi pilihan yang tepat untuk masyarakat Indonesia yang dinamis dan berkembang serta telah memperhatikan hidup seimbang. Kimia Pagan Fungsional Universitas Ma Chung melatih mahasiswa untuk dapat merancang produk pangan fungsional, melakukan analisis Quality Control serta dapat menciptakan inovasi-inovasi produk pangan fungsional yang dapat menjadi trend-setter dalam pasar global.


MENGAPA ENERGI

“Capturing the Sun, Fuel the Earth”

Tidak diragukan lagi, energi terbarukan yang ramah lingkungan merupakan kebutuhan mendesak disaat energi berbasis fosil telah mengalami kelangkaan. Tanpa pasukan energi yang cukup, maka seluruh infrastruktur di dunia modern kita saat ini tidak akan berjalan, alhasil, seluruh proses produksi, industri, kesehatan, pangan serta transportasi akan berhenti. Oleh sebab itulah dibutuhkan para ahli kimia yang dapat menciptakan material ramah lingkungan atau memanfaatkan bahan alam sebagai bio-material yang mampu menghasilkan energi.

Kimia Energi Universitas Ma Chung berfokus pada kimia material berbasis bio yaitu pemanfaatan seperti pigmen fotosintesis, antena penangkap cahaya, biofuel alga serta biohidrogen dari bakteri fotosintesis untuk menghasilkan sumber energi alternatif. Selain itu, mahasiswa juga akan diperlengkapi dengan kemampuan untuk mensintesis material bahan dari optoelektronik berbasis senyawa organik untuk keperluan energi.

Saat ini Universitas Ma Chung adalah anggota afiliasi dari konsorsium energi Photosynthetic Antenna Research Center(PARC), Energy Frontier Research Center (EFRC) dibawah Departemen Energi Amerika Serikat. Dalam konsorsium tersebut Universitas Ma Chung berperan aktif dalam mengembangkan teknologi biohybrid solar cell berbasis resonansi plasmon, yang memadukan antena penangkap cahaya serta pigmen alami dengan nanopartikel metal serta polimer konduktor.

Bagaimana Masa Depan Lulusan?








Bagaimana Pembelajaran di Universitas Ma Chung?



Magical Chemistry

Sejak semester pertama dan kedua mahasiswa akan langsung mendapatkan pengalaman magical chemistry melalui perkuliahan interaktiv yang mengedepankan pendekatan fenomenologi. Mahasiswa akan langsung melihat, mencium, merasakan, melakukan perubahan kimia yang terjadi dalam kehidupan praksis, melakukan analisa dan kemudian menarik pembelajaran dibalik fenomena tersebut.

Hands-on Study

Universitas Ma Chung memberikan layanan terbaik bagi mahasiswa dimana para dosen memiliki antusias penuh dalam membimbing dan mengarahkan mahasiswa secara langsung sehingga mahasiswa mampu secara mandiri mendesain proyek, melakukan eksperimen dan analisa, mengevaluasi kerja serta mengkomunikasikan hasil secara lisan maupun tertulis. Sistim pengajaran Hands-on study di Universitas Ma Chung memungkinkan mahasiswa tidak hanya berperan sebagai operator, namun juga memiliki kemampuan troubleshooting dan analisa hasil peralatan analitika modern.

Pembelajaran Berbasis KelompokThink-Tank

Pembelajaran di Ma Chung menggunakan taktik kelompok think-tank yaitu mahasiswa berada dalam satu tim yang saling berkolaborasi dalam belajar dan strategi memecahkan masalah. Dalam tim think-tank tersebut, mahasiswa dilatih untuk memiliki kompetensi kimia secara individual yang kokoh, namun mampu untuk saling membangun rekan kerja yang lain. Dalam tim think-tank, mahasiswa dilatih leadership, kemampuan manajemen kelompok, kolaborasi dan kooperasi antar rekan, serta mempertajam jaringan friendship dan trust.

Pembelajaran Persuasif

Kemampuan retorik berdasarkan argumen logis, saintifik dan statistik penting dimiliki oleh seorang ilmuwan dalam komunikasi serta diseminasi ilmu kepada masyarakat. Kemampuan komunikasi persuasif tersebut juga dibutuhkan oleh seorang entrepreneur. Proses pembelajaran di Ma Chung melatih mahasiswa untuk memiliki kemampuan komunikasi persuasif baik melalui verbal, yaitu dalam presentasi, maupun secara tertulis seperti saat menulis jurnal dan publikasi. Universitas Ma Chung menyediakan kondisi yang kondusif bagi mahasiswa dalam mengasah komunikasi persuasif mereka secara trilingual yaitu bahasa Indonesia, Inggris dan Tionghoa.

Pembelajaran Interaktif dan Aplikatif

Kuliah brainstorming, praktikum laboratorium, evaluasi berupa kuis, kunjungan industri, proyek penelitian dan kerja industri, serta master-class bersama tim direksi perusahaan pendukung Ma Chung merupakan sarana yang dipakai dalam proses belajar mengajar. Dengan proses interaktif dan aplikatif tersebut, mahasiswa dilatih untuk memiliki awareness terhadap permasalahan sekitar, mengajukan pertanyaan-pertanyaan, serta inisiatif dalam memecahkan masalah melalui perencanaan, inovasi serta implemetasi ilmu dan teknologi kimia.

KURIKULUM

Kurikulum kimia Universitas Ma Chung di bagi menjadi dua tahapan yaitu dasar dan lanjugan. Masing-masing tahapan dapat ditempuh dalam waktu dua tahun. Pada tahap dasar mahasiswa dibekali fondasi sain dan kelima pilar ilmu kimia sesuai dengan kurikulum internasional standar American Chemical Society (ACS) dan Royal Society of Chemistry (RSC), serta kompetensi tambahan lain. Kurikulum dirancang fleksibel yaitu memampukan mahasiswa setelah tahun ke-2 untuk dapat mengambil program kimia yang lebih lanjut baik di luar negeri maupun di dalam negeri





Pada tahap lanjutan mahasiswa dapat mengambil bidang konsentrasi Pangan Fungsional atau Material Energi Terbarukan. Kedua bidang tersebut telah menjadi state of the art dari perkembangan teknologi kimia terkini. Tahap minor adalah tahapan dimana mahasiswa diperkaya dengan bidang-bidang interdisipliner yang akan mendewasakan pola pikir serta attitude mahasiswa sebagai profesional. Pada jenjang senior, mahasiswa akan mampu untuk bekerja dalam satu proyek riset yang menjadi tema pilihan skripsi mahasiswa. Keberhasilan mendapatkan gelar sarjana merupakan suatu pengakuan terhadap kedewasaan serta profesionalitas mahasiswa Ma Chung serta langkah awal sukses dalam karir kerja atau studi lanjut ke jenjang yang lebih tinggi.


NEWS
MAHASISWA MA CHUNG SUMBANG PEMIKIRAN UNTUK MASA DEPAN PENDIDIKAN DI ASEAN
16 NOV 2017

Empat orang mahasiswa Universitas Ma Chung menyumbangkan pikirannya untuk perkembangan Pendidikan tinggi ASEAN dalam 50 for 50 ASEAN – Germany Workshop untuk alumni DAAD dan mahasiswa dari ASEAN...

MARI BERGABUNG BERSAMA KAMI!
15 NOV 2017

Andakah yang Kami Cari? Mari Bergabung bersama Kami!

Universitas Ma Chung mencari sumber daya manusia yang siap memberi kontribusi, yang siap belajar, mengajar, dan...

TENAGA KEPENDIDIKAN MA CHUNG SABET JUARA 1 NASIONAL PEMILIHAN DIKTENDIK BERPRESTASI
3 NOV 2017

Semangat untuk memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa serta kontribusi terhadap dunia pendidikan kembali dibuktikan oleh Universitas Ma Chung. Kepala Urusan Pusat Karir Biro Kemahasiswaan, ...

KAMPANYEKAN TOLERANSI, MA CHUNG GELAR OBOR
26 JUL 2017

Universitas Ma Chung kembali menggelar OBOR 2 (Orientation Based on Reflections). Menempatkan mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan sehari-hari komunitas berbeda keyakinan (live-in), OBOR 2 diadak...